Selasa, 09 Oktober 2012

1. Ruang Lingkup Bisnis


1 PENGERTIAN BISNIS DAN JENISNYA

PENGERTIAN BISNIS
Menurut Mahmud Machfoedz bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi barang atau menjual jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen pada keuntungan tertentu .

JENIS-JENIS BISNIS

1.     Monopsoni

Monopsoni , adalah kadaan dimana suatu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/jasa dalam suatu pasar komuditas. Kondisi monopsoni sering terjadi di daerah-daerah perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen.
2.     Monopoli
Monopoli adalah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adlah seorang penjual atau sering disebut sebagai “Monopolis”.
3.     Oligopoli
Oligopoly adalah pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh
4.     Oligopsoni
Adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan atau jasa dalam suatu pasar komoditas.


2. TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS
A. Melindungi Usaha Kecil Menengah (UKM) , contoh :
·        KUR ( Kredit Usaha Rakyat )
·        KOPERASI
·        BUK ( Badan Usaha Kredit )
B. Melindungi Lingkungan Hidup sekitarnya :
·        Mendaur ulang sampah plastic menjadi barang yang berguna .
·        Mendaur ulang minyak goring menjadi Bio-Diesel .
·        Mendaur ulang kertas menjadi barang yang berguna .
C. Melindungi Konsumen , contoh :
·        Makanan – Kualitas barang
·        Minuman sehat – kualitas barang
·        Pasta gigi – kesehatan
·        Sabun mandi – kesehatan
D. Pendapatan Negara , contoh :
·        Pajak pemghasilan (Pph)
·        Pajak pertambahan nilai (Ppn)
·        Pajak bumi dan bangunan (PBB)
·        BEA DAN CUKAI
·        Nomor pokok Wajib pajak (NPWP)

BERDASARKAN KEGIATAN DARI TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS yakni ,
A.    Bisnis Ekstraktif : bisnis yang bergerak dalam jenis kegiatan pertambangan menggali bahan-bahan tambang yang terkandung diperut bumi .
B.     Bisnis agraris : bisnis yang bergerak di bidang pertanian.
C.     Bisnis industry : bisnis yang bergerak dalam bidang industry manufacturing , misalnya perusahaan mobil dll.
D.     Bisnis jasa : bisnis yang bergerak dalam bidng jasa yang menghasilkan produk yang tidak berujud , misalnya pendidikan dan dokter .

 3. SYSTEM PEREKONOMIAN DAN SYSTEM PASAR
System perekonomian adalah system yang digunakan oleh suatu Negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di Negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah system ekonomi dengan system ekonomi lainnya adalah bagaimana cara system itu mengatur factor produksinya.
Jenis-jenis system perekonomian
1.     Perekonomian terencana
Ada dua bentuk utama perekonomian terencana, yaitu komunisme dan sosialisme. Sebagai wujud pemikiran karl marx. Komunisme adalah system yang mengharuskan pemerintah memiliki dan menggunakan seluruh factor produksi sedangkan sosialisme adalah system perekonomian yang memberikan kebebasan yang cukup besar kepada setiap yang melaksanakan kegiatan ekonomi tetapi dengan campur tangan pemerintah .
2.     Perekonomian pasar
Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
A.    Sistem perekonomian kapitalis : system perekonomian yang memberikan kebebasan secara penuh kepada setiap orang untuk melaksanakan kegiatan perekonomian .
B.     System perekonomian liberalism : suatu filosofi ekonomi dan politik .
Sumber : dimas.story.  http://dimaz.blogspot.com
3.     Perekonomian pasar campuran
Perekonomian pasar campuran atau mixed market economics adalah gabungan antara system perekonomian pasar dan terencana. Menurut griffin, tidak ada satu negarapun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar ataupun terencana, bahkan Negara seperti amerika serikat. Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah amerika serikat tetap mengeluarkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan ekonomi. Misalnya larangan untuk menjual barang tertentu untuk anak dibawah umur,pengontrolan iklah, dan lain-lain.



4.     KESEMPATAN BISNIS ATAU USAHA
Jika anda ingin menjalankan suatu bisinis, anda harus memperhatikan beberapa hal, diantaranya :

1.     Penuhi kebutuhan konsumen 
Ini merupakan cara usaha yang paling umum.jika di kantor anda membutuhkan layanan catering buka usaha catering.
2.     Jual keunikan
Jika anda lumayan kreatif dan inovatif,pasti banyak hal baru yang berhasil anda kreasikan. Banyak usaha baru dimulai dari penemuan jenis produk, teknologi, dan system program baru.
3.     Duplikasi usaha lain
Bagi mereka yang merasa dirinya kurng kreatif dan inovatif, jangan patah arang. Terkadang ide usaha tersebar dimana-mana bahkan didepan mata anda hanya perlu membaca peluang mengukur potensi, dan berani mengambil resiko.
4.     Beri fasilitas tambahan
Mirip cara sebelumnya namun perlu sentuhan kreatifitas misalnya tetangga anda membuka penyewaan play station. Anda masih bisa menyainginya dengan tambahan fasilitas atau memperluas penaaran ( bar , warnet , warnet , wartel , makanan siap saji dll ) di lokasi yang sama.

5.     Jual keterampilan
Sewakan tempat yang bagus , lengkapi dengan alat beri brand yang khusus dan suntik dengan system pelayanan yang sempurna . anda pun sudah memiliki sebuah usaha . pemangkas rambut yang eksklusif .

6.     Mirip dengan sebelumnya
anda bisa membuka kantor ke agenan atau biro yang menyediakan jasa atau layanan spesifik . misalnya agen modeling , foto model , penyanyi berbakat , pengisi acara dan baby sitter .

7.     Jual barang second
Masih sedikit yang peka dengan usaha ini. Barang second dengan nilai bisa punya harga tinggi. Anda bisa memburu barang bermerek asli yang sudah tidak dipakai lagi.

8.     Buka kantor
Semisal anda berlatar belakang profesi seperti dokter, akuntan, pengacara,notaries, disainer, trainer ataupun konsultan. Jika sekarang masih jadi pekerja di perusahaan orang, siap-siaplah merintis buka kantor sendiri.

9.     Jalankan DS atau MLM
Bisnis ini prospektif , walau belum banyak dipilih menjadi alternative. Direct selling dan multi-level marketing sering disebut people franchise. Modalnya murah meriah, namun sudah didukung produk yang bagus system pemasaran pelatihan.


5 . UNSUR – UNSUR PENTING DALAM AKTIVITAS EKONOMI
1.     Keinginan manusia
2.     Factor produksi
3.     Cara-cara berproduksi (techniques of production)
#Sumber : pengantar bisnis oleh M.Fuad , DKK HTTP/Books.google.co.id
6 . HAKIKAT BISNIS
Mementingkan dan melayani orang lain sesungguhnya adalah konsep bisnis . mementingkan orang lain adalah rahasia bisnis terpenting sepanjang masa . anda yang belum memahami hakikat bisnis  yang sesungguhnya . bisnis yang mementingkan dirinya sendiri akan hancur . hakikat bisnis yang sesungguhnya adalah mementingkan orang lain . ini bukan sekedar konsep kemuliaan dan spiritualitas . bisnis yang sejati adalah harus dilandasi spritualitas dan akan menghasilkan spiritualitas yang lebih tinggi , bagi pelaku maupun pelanggan .
#Referensi  http://candygloria.wordpress.com/2010 10 18 ruang-lingkup-bisnis
7. MENGAPA BELAJAR BISNIS
Kita sering mendengarkan kata bisnis dalam kehidupan sehari-hari kita pastinya kita tau bisnis itu apa ?
Bisnis adalah suatu peluang untuk mencari laba , seperti menjual barang dan jasa pada konsumen atau bisnis lainnya mencapai keuntungan yang sebesar-sebesarnya dalam berbisnis . sekarang dengan adanya kemajuan teknologi yang pesat bisnis sekarang sudah beraneka ragam . dalam dunia bisnis kita harus pintar dan teliti sebab jika tidak kita akan mengalami kerugian lalu apabila kita teliti dan pintar dalam berbisnis dan dalam hal mencari rekan bisnis , kita akan mendapatkan keuntungan yang besar oleh karena itu jika kita ingin memulai bisnis kita harus banyak membaca dan melihat pengalaman seorang pembisnis mengenai cara berbisnis , keuntungan dan kerugian dalam berbisnis .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar